Pengaruh Progressive Muscle Relaxation Terhadap Ansietas Wanita Menopause

STAP BAAK - Masalah Psikologis yang paling banyak dirasakan oleh wanita menopause adalah ansietas. Ansietas yang dialami pada masa menopause akan menyebabkan penurunan kualitas hidup lansia.Sering gejala ansietas menimbulkan gangguan neuro muskular, gejala somatik, gejala kognitif dan gejala afektif sehingga lansia hanya diberikan penanganan secara psikofarmaka saja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Progressive Muscle Relaxation terhadap ansietas pada wanita menopause di Posbindu Mawar Pringsewu. Desain penelitian quasi eksperimenal pretest-posttest without control group.

Sempel penelitian 14 orang wanita menopasue yang mengalami ansietas sedang. Rerata ansietas sebelum terapi 22,93 dengan SD 2,369 kemudian setelah intervensi rerata ansietas menjadi 12,79 dengan SD (3,68). Hasil penelitian ditemukan penurunan ansietas wanita menopaus dengan (p value<0 br="">
Ada pengaruh Progressive Muscle Relaxationterhadap ansietas wanita menopause di Posbindu Mawar Pringaewu tahun 2015.

Judul : Pengaruh Progressive Muscle Relaxation Terhadap Ansietas Wanita Menopause di Posbindu Mawar Pringsewu Tahun 2015

Kata kunci : Wanita Menopause, lansia, Ansietas, Progressive Muscle Relaxation
Pengarang : Abdul Haris Nasution

Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar