Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Personal Higiene

STAP BAAK - World Health Organization (WHO) pada tahun 2013 mengemukakan bahwa masalah kesehatan reproduksi wanita yang buruk mencapai 33% dari semua penyakit yang menyerang wanita diseluruh dunia.

Pada remaja yang kurangnya pengetahuan dan informasi tentang kebersihan alat genitalia akan berdampak pula pada perilaku remaja dalam menjaga kebersihan alat genitalianya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap tentang personal hygiene dengan pencegahan keputihan pada remaja putri di Madrasah Aliyah (MA) Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sribawono Kabupaten Lampung Timur tahun 2015.

Desain yang digunakan dalam penelitan ini adalah analitik dengan pendekatan cross Sectional. Subjek penelitian ini adalah seluruh remaja putri di Madrasah Aliyah (MA) Sadar Sriwijaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling di peroleh sebanyak 92 orang. Analisa data bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian diperoleh pengetahuan personal hygiene pada remaja putri di Madrasah Aliyah (MA) Sadar Sriwijaya sebagian besar kurang baik, yaitu 47 orang (51,1%), sikap personal hygiene pada remaja putri dalam katagori sikap positif yaitu 51 orang (55,4%) dan perilaku pencegahan keputihan pada remaja putri sebagian besar dalam katagori baik yaitu 52 orang (56,5%).

Dari hasil uji statistik chi square terdapat hubungan pengetahuan tentang personal hygiene dengan pencegahan keputihan pada remaja putri di Madrasah Aliyah (MA) Sadar Sriwijaya dengan P value = 0,003 dan terdapat hubungan sikap dengan pencegahan keputihan pada remaja putri di Madrasah Aliyah (MA) Sadar Sriwijaya dengan P value = 0,001.

Bagi pihak sekolah perlu melakukan kerja sama dengan tenaga kesehatan untuk memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi remaja terutama tentang personal hygiene dan pencegahan keputihan.

Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Personal Higiene dengan Tindakan Pencegahan Keputihan di Madrasah Aliyah (MA) Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sribawono Kabupaten Lampung Timur Tahun 2015

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Pencegahan Keputihan
Pengarang : Eni Roin
Kepustakaan : 38 (2005-2013)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar