Hubungan Permainan Game Online dengan Penurunan Motivasi Belajar pada Siswa

STAP BAAK - Adanya game online menyebabkan timbulnya keprihatinan pendidikan siswa karena kebiasaan bermain game online tersebut berpengaruh buruk pada prestasi akademis dan perilaku sosial mereka (Nuswanda dalam Lekatompessy, 2010).

Sedangkan berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan pada terhadap 15 anak yang ada di SDN I Sumber Gede. 9 (60%) orang mengatakan telah kecanduan untuk bermain game online karena dalam sehari mereka bisa menghabiskan 4-5 jam untuk bermain game online.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Permainan Game Online dengan penurunan Motivasi Belajar Pada Siswa SDN I Sumber Gede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun 2015.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, desain yang digunakan dalam penelitan ini adalah analitik dengan pendekatan cross Sectional. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa SDN Sumber Gede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun 2015 sebayak 170 siswa.

Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling di peroleh sebanyak 120 siswa. Analisa data bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diperoleh motivasi belajar pada siswa SDN I Sumber Gede Kecamatan Sekampung, sebagian besar rendah yaitu sebesar 61 siswa (50,8%) dan intensitas bermain game online pada Siswa SDN I Sumber Gede Kecamatan Sekampung, sebagian besar berlebihan yaitu sebesar 71 siswa (59,2%).

Hasil uji statistic chi square didapat ada hubungan Permainan Game Online dengan penurunan Motivasi Belajar Pada Siswa SDN I Sumber Gede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun 2015. P Value = 0,006 (0,006 < 0,05), OR = 3,068.

Berdasarkan hasil penelitian maka bagi orang tua siswa agar lebih memperhatikan pergaulan sehari-hari pada anak sehingga dapat membatasi bila anak bermain gam online dengan cara berlebihan.

Judul : Hubungan Permainan Game Online dengan Penurunan Motivasi Belajar pada Siswa di SDN 1 Sumber Gede Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2015

Kata Kunci : Game Online, Motivasi Belajar
Pengarang : Adi Wibowo
Kepustakaan : 22 (2006-2015)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar