Hubungan Pengetahuan Ibu Balita dengan Partisipasi Kunjungan ke Posyandu

STAP BAAK - Tingginya angka kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) menjadi salah satu masalah diberbagai Negara berkembang terutama di Indonesia. salah satu upaya pembangunan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah adalah menyelenggarakan posyandu, namun tingkat partisipasi masyarakat masih belum sesuai dengan target yang telah ditetapkan pemerintah.

Di Desa Sukoharjo 1 partisipasi masyarakat belum mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu balita dengan partisipasi kunjungan ke Posyandu di Desa Sukoharjo 1 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015

Desain Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dengan metode sistematik random sampling terhadap 142 populasi, dan didapatkan responden berjumlah 94 orang ibu balita yang mempunyai anak umur 0-5 tahun.

Dari hasil uji statistik diperoleh nilai p value 0,037 < α (0,05) menggambarkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan partisipasi ibu balita dalam kegiatan posyandu.

Judul : Hubungan Pengetahuan Ibu Balita dengan Partisipasi Kunjungan ke Posyandu di Desa Sukoharjo I Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015

Kata kunci : Posyandu, partisipasi, keaktifan posyandu.
Pengarang : Dewi Puspita Sari


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar