Hubungan Pelayanan Perawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien

STAP BAAK - Ketidakpuasan pasien diartikan sama dengan keluhan terhadap rumah sakit, seperti pelayanan perawatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatannya dan struktur sistem perawatan kesehatan, dimana pasien mengharapkan interaksi yang baik, sopan, ramah, nyaman dengan tenaga kesehatan, sehingga kompetensi, kualifikasi serta kepribadian yang baik dari pelayan keperawatan berjalan optimal dan memuaskan.

Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan perawatan terhadap tingkat kepuasan pasien di Ruang Penyakit Dalam RSUD Z.A Pagar Alam Way Kanan Tahun 2015.

Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan corss sectional. Responden dari penelitian ini berjumlah 45 responden, dimana responden adalah pasien yang melakukan rawat inap di RSUD ZA Pagar Alam Way Kanan selama 3 – 7 hari.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelayanan perawatan terhadap tingkat kepuasan pasien di Ruang Penyakit Dalam RSUD Z.A Pagar Alam Way Kanan Tahun 2015, dengan nilai p value 0,029.

Perlu adanya pelatihan-pelatihan untuk mendapatkan pengetahuan, baik melalui pelatihan yang di dalam atau di luar rumah sakit dan juga perlu dilakukan penilaian terhadap performance perawat dalam pelayanan prima sehingga terjalin hubungan saling percaya antara klien dan keluarga, hal tersebut dilakukan karena kepuasan pasien masih rendah.

Judul : Hubungan Pelayanan Perawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Penyakit Dalam Rsud Z.A Pagar Alam Way Kanan Tahun 2015

Kata kunci : Pelayanan, perawatan, kepuasan
Pengarang : Ferry Kurniawan
Referensi : 36 (2003-2013)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar