Hubungan Faktor Lingkungan dengan Perilaku Merokok pada Remaja

STAP BAAK - Masa remaja merupakan masa yang kritis karena merupakan masa peralihan dari masa anak kemasa dewasa. Untuk menunjukkannya, perilaku remaja terkadang mengarah pada bentuk mencari perhatian, dengan menonjolkan dirinya dalam perbuatan negatif, salah satunya adalah merokok (Suwandi, 2006) .

Faktor penting yang pertama kali memperkenalkan remaja terhadap perilaku merokok adalah aktivitas merokok yang ada di lingkungan menstimulasi remaja untuk mencoba hal yang sama agar dapat diterima sebagai anggota dari lingkungan tersebut (Sumiati, 2011).

Tujuan dalam penelitian ini adalah Diketahui hubungan faktor lingkungan dengan perilaku merokok pada remaja di SMAN 2 Pringsewu Kabupaten Pringsewu tahun 2013.

Jenis penelitan ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitin ini dilakukan di SMAN 2 Pringsewu Kabupaten Pringsewu pada bulan Agustus tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki di SMAN 2 Pringsewu Kabupaten Pringsewu tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 283 orang yang kemudian diambil sampel secara cluster random sampling sebesar 74 siswa.

Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket tentang faktor lingkungan dan lembar observasi prilaku merokok pada remaja. Analisa data bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian diperoleh faktor lingkungan sosial pada remaja di SMAN 2 Pringsewu Kabupaten Pringsewu tahun 2013, sebagian besar kurang baik, yaitu 46 remaja (62,2%), remaja di SMAN 2 Pringsewu Kabupaten Pringsewu tahun 2013, sebagian besar merokok yaitu 39 remaja (52,7%).

Ada hubungan faktor lingkungan dengan perilaku merokok pada remaja di SMAN 2 Pringsewu Kabupaten Pringsewu tahun 2013. P value = 0,041. OR = 3,031.

Diharapkan bagi dewan guru dan petugas kesehatan lebih meningkatkan program promosi kesehatan tentang bahaya merokok pada siswa dengan melakukan penyuluhan secara berulang-ulang dan berkala, dan membagikan pamflet tentang bahaya merokok pada siswa.

Judul : Hubungan Faktor Lingkungan dengan Perilaku Merokok pada Remaja di SMAN 2 Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun 2013

Kata Kunci : Faktor Lingkungan, Perilaku merokok pada remaja
Pengarang : Alip Purnawan
Kepustakaan : 26 (2000-2011)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar