Faktor Faktor yang Menyebabkan Sibling Rivalry pada Anak Usia 3-12 Tahun

STAP BAAK - Sibling rivalry adalah kecemburuan, persaingan dan pertengkaran antara saudara laki-laki atau saudara perempuan, hal ini terjadi pada semua orang tua yang mempunyai dua anak atau lebih.

Banyak hal yang berbeda dapat menyebabkan saudara untuk melawan, Sebagai anak-anak mencapai tahap perkembangan yang berbeda, kebutuhan mereka berkembang secara signifikan dapat mempengaruhi bagaimana mereka berhubungan satu sama lain.

Kelahiran saudara adik baru menimbulkan suatu permasalahan bagi sang kakak dimana orang tua mereka harus membagi cinta dan perhatian kepada anak lainnya. Tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan sibling rivalry pada anak usia 3-12 tahun di Desa Banyumas Kabupaten Pringsewu tahun 2013.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Banyumas Kabupaten Pringsewu. Desain penelitian adalah cross sectional. Subjek penelitian adalah anak usia 3-12 tahun dengan jarak kelahiran yang dekat di Desa Banyumas Kabupaten Pringsewu tahun 2013.

Analisis data adalah deskriptif analitik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa distribusi frekuensi responden yang mengalami sibling rivalry sebanyak 39 responden (84,8%), sedangkan responden yang tidak mengalami sibling rivalry sebanyak 7 responden (15,2%), ada hubungan yang signifikan antara usia dengan kejadian sibling rivalry (p value 0,021%), ada hubungan yang signifikan antara lingkungan dengan kejadian sibling rivalry (p value 0,012%), ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kejadian sibling rivalry (p value 0,011%).

Kesimpulan Dari hasil penelitian diketahui faktor-faktor yang menyebabkan sibling rivalry pada anak usia 3-12 tahun adalah usia, lingkungan dan pola asuh orang tua.

Judul : Faktor-Faktor yang Menyebabkan Sibling Rivalry pada Anak Usia 3-12 Tahun di Desa Banyumas Kabupaten Pringsewu Tahun 2013

Kata Kunci : Faktor, sibling rivalry, anak.
Pengarang : Yeni Octavia

Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar