Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Penyakit Rematik Pada Lansia

STAP BAAK - Penyakit sendi/rematik/encok adalah suatu penyakit inflamasi sistemik kronik pada sendi-sendi tubuh. Dimana angka kejadian rematik yang dilaporkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO adalah mencapai 20% dari penduduk dunia yang telah terserang rematik, dimana 5-10% adalah mereka yang berusia 5-20 tahun dan 20% adalah mereka yang berusia 55 tahun.

Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penyakit rematik Pada lansia di RW 04 Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan corss sectional. Responden dari penelitian ini berjumlah 61 responden, dimana responden adalah seluruh lansia yang bertempat tinggal di RW 04 (Dusun Kampung Sawah) Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ada hubungan jenis pekerjaan dengan penyakit rematik lansia di RW 04 Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu dengan nilai p value 0,031, ada hubungan berat badan dengan penyakit rematik lansia di RW 04 Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu dengan nilai p value 0,018, ada hubungan jenis makanan dengan penyakit rematik lansia di RW 04 Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu dengan nilai p value 0,007.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk memberikan perhatian lebih pada lansia dengan menjaga dan mengingatkan pentingnya pola hidup yang baik dalam usia tua guna mencegah terjadinya penyakit rematik yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Judul : Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Penyakit Rematik Pada Lansia di Rw 04 (Dusun Kampung Sawah) Desa Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu Tahun 2015

Kata kunci : Jenis pekerjaan, berat badan, jenis makanan, rematik
Pengarang : Dawair
Referensi : 35 (1999-2014)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar