Perbedaan Perawatan Tali Pusat Dengan Kassa Alkohol dan Kassa Steril Terhadap Lama Puput Tali Pusat

STAP BAAK - Derajat kesehatan anak mencerminkan derajat kesehatan bangsa, sebab anak sebagai generasi penerus bangsa, memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan.

Kemampuan hidup sehat dimulai sejak bayi baru lahir karena pada masa ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang akan menentukan kehidupan selanjutnya.

Salah satu upaya untuk menurunkan angka kesakitan (morbilitas) dan menurunkan angka kematian (mortalitas) adalah memberikan pelayanan yang efektif pada saat persalinan terutama perawatan pada tali pusat.

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2007, di Indonesia Angka Kematian Bayi (AKB) 34/1000 kelahiran hidup. Angka kematian bayi yang tinggi sekitar (56%) terjadi pada periode Neonatal, (78,5%).

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk diketahui perbedaan waktu lamanya puputnya tali pusat pada bayi baru lahir dengan perawatan kassa alkohol dan kassa steril pada Bidan Praktek Swasta di wilayah kerja Puskesmas Bangunrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah.

Memberikan informasi pada instansi terkait khususnya Puskesmas Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah tentang Perbedaan Perawatan Tali Pusat Dengan Kassa Alkohol Dan Kassa Steril Terhadap Lama Puput Tali Pusat, sehingga dapat dijadikan monitoring dan evaluasi kegiatan program yang dijalankan

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis merupakan pengembangan dari metode deskriptif, yakni metode yang mendeskripsikan gagasan manusia tanpa suatu analisis yang bersifat kritis

Fokus penelitian deskriptif analisis adalah berusaha mendeskripsikan, membahas, dan mengkritikgagasan primer yang selanjutnya dikonfrontasikan dengan gagasan primeryang lain dalam upaya melakukan studi yang berupa perbandingan

Adanya perbedaan waktu lamanya puput tali pusat yang dirawat dengankassa alkohol dan kassa steril sebanyak 3,083 hari

Nilai rata-rata perawatan tali pusat dengan kassa alkohol pada bayi baru lahir di BPS wilayah kerja Puskesmas Bangunrejo tahun 2013 adalah 8,04 hari.Nilai rata-rata perawatan tali pusat dengan kassa steril pada bayi baru lahir di BPS wilayah kerja Puskesmas Bangunrejo tahun 2013 adalah 4,96 hari.

Ada perbedaan yang bermakna pada perawatan tali pusat dengan kassa alkohol dan kassa steril terhadap lama puput tali pusat di BPS wilayah kerja Puskesmas Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah tahun 2013, tali pusat yang dirawat dengan kassa steril lebih cepat puput dibandingkan dengan dirawat dengan kassa alkohol dilihat dari nilai (p-value = 0.000).

Agar masyarakat mengerti tentang perawatan pada bayi baru lahir khususnya mengenai perawatan tali pusat.

Diharapkan agar bidan yang ada diwilayah kerja Puskesmas Bangunrejo dapat melaksanakan perawatan tali pusat yang menggunakan kassa steril dan mau memberikan informasi ini kepada tenaga kesehatan lain serta masyarakat khususnya yang baru melahirkan dan para dukun bayi.

Judul : Perbedaan Perawatan Tali Pusat Dengan Kassa Alkohol dan Kassa Steril Terhadap Lama Puput Tali Pusat di BPS Wilayah Kerja Puskesmas Bangunrejo Lampung Tengah

Kata kunci: tali pusar, BBL, alkohol Kassa, Kassa steril
Pengarang : Windra Sandra
Daftar Bacaan: 15 (1997-2011)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar