Hubungan umur ibu bersalin dengan berat badan lahir rendah

STAP BAAK - Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) merupakan penyumbang utama kematian neonatal. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia morbiditas dan mortalitas BBLR masih tinggi. Salah satu penyebab BBLR adalah factor ibu termasuk umur.

Dari survey pendahuluan di Rumah Sakit Wisma Rini bulan Januari-Desember 2011 dari 870 persalinan terdapat 102 bayi lahir dengan berat badan rendah. Dari 102 bayi dengan BBLR, 31 bayi diantaranya lahir dari ibu dengan umur kurang dari 20 tahun.

Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan umur ibu dengan BBLR di Rumah Sakit Wisma Rini Pringsewu tahun 2012.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Wisma Rini Pringsewu pada bulan Juni tahun 2013.

Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu bersalin di RS Wisma Rini Tahun 2012 yang berjumlah 886 dengan sampel total populasi yaitu 886 responden. Data penelitian berupa data skunder dari medical record rumah sakit. Penelitian Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat chi square dengan nilai α = 0,05.

Hasil penelitian menemukan terdapat kejadian BBLR Terdapat kejadian BBLR sebanyak 359 (40,5%) kejadian pada kelahiran, sedangkan distribusi umur risiko sebanyak 493 Responden (44,4%).

Ada hubungan yang bermakna antara Umur Ibu dengan kejadian BBLR di Rumah Sakit Wisma Rini Pringsewu tahun 2012, dengan nilai p value = 0,00 dan dengan nilai OR =12,29.

Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara Umur Ibu dengan kejadian BBLR di Rumah Sakit Wisma Rini Pringsewu tahun 2012.

Disarankan untuk melakukan konseling dan penyuluhan pada PUS dan ibu hamil tentang umur sehat reproduksi

Judul : Hubungan umur ibu bersalin dengan berat badan lahir rendah di rumah sakit Wisma Rini Pringsewu Tahun 2012

Kata Kunci : BBLR, Umur Ibu
Pengarang : Nia Nuryuliasari
Kepustakaan : 31 (2002 – 2012)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar