Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi dengan Pemberian Imunisasi Campak

STAP BAAK - Berdasarkan kajian UNICEF, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta hasil riset kesehatan (riskes) tahun 2010 menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi campak (Kemenkes, 2011), di propinsi lampung pada tahun 2011 terdapat kasus KLB campak sebanyak 22 orang atau urutan ke 3 terbesar setelah propinsi Jawa Tengah 37 kasus.

Tujuan dalam penelitian ini adalah diketahui hubungan pengetahuan ibu tentang imunisasi dengan pemberian imunisasi campak pada bayi di desa Sukadadi wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran tahun 2013.

Jenis penelitan ini adalah kuantitatif dengan disain analitik pendekatan cross sectional. Penelitin ini dilakukan di desa Sukadadi wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran tahun 2013.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 10-12 bulan di desa Sukadadi wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 140 orang yang kemudian diambil sampel secara acak sebesar 59 orang.

Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner pengetahuan imunisasi dan lembar observasi pemberian imunisasi campak. Analisa data bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian diperoleh pengetahuan ibu tentang imunisasi campak pada bayi di desa Sukadadi, sebagian besar kurang baik yaitu 38 orang (64,4%), sebagian besar bayi 10-12 bulan di desa Sukadadi mendapatkan imunisasi campak yaitu 42 bayi (71,2%).

Ada hubungan pengetahuan dengan pemberian imunisasi campak pada bayi di desa Sukadadi wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran tahun 2013. P value = 0,038, OR = 4,026.

Bagi petugas pelaksana imunisasi perlu meningkatkan keaktifan dalam penyuluhan tentang imunisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan cakupan imunisasi campak.

Judul : Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi dengan Pemberian Imunisasi Campak di Desa Sukadadi Wilayah Kerja Puskesmas Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Tahun 2013

Kata Kunci : Pengetahuan imunisasi, Pemberian imunisasi campak
Pengarang : Bambang Baskoro
Kepustakaan : 22 (2005-2012)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar