Hubungan Pengetahuan Dan Pendidikan Orang Tua Dengan Perilaku Pencegahan Diare Pada Balita

Tingginya kejadian diare di negara Indonesia ini oleh karena infeksi makanan dan penyebaran penyakit yang disebabkan bakteri-bakteri penyebab infeksi.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan diare pada balita yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan rendahnya tingkat pendidikan sehingga menyebabkan rendahnya pencegahan penyakit.

Hasil laporan penyakit di Puskesmas Bulok Sukamara Kabupaten Tanggamus tahun 2011, diketahui bahwa balita 1-5 tahun yang kejadian kasus baru diare di Puskesmas Bulok Sukamara lebih tinggi dari Puskesmas yang lain.

Tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan pengetahuan dan pendidikan orang tua dengan perilaku pencegahan diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Bulok Sukamara Kabupaten Tanggamus Tahun 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional menggunakan uji statistik menggunakan analisis bivariat chi square dengan nilai α = 0,05.

Penelitian dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Bulok Sukamara Kabupaten Tanggamus. Waktu penelitian pada bulan November tahun 2013.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu balita usia 1-5 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Bulok Sukamara Tahun 2013 yang berjumlah 2130 balita baik sehat maupun sakit dengan sampel 339 responden.

Hasil penelitian menemukan responden yang berpengetahuan kurang adalah sebanyak 123 responden (36.3%) dan responden dengan pendidikan dasar adalah sebanyak 144 responden (42.5%).

Terdapat responden yang tidak melakukan pencegahan diare dengan baik ada sebanyak 105 responden (31.0%). Ada hubungan pengetahuan orang tua tentang diare (P value = 0,00 dan OR 3,02) dan pendidikan (P value = 0,01 dan OR 1,89) dengan perilaku pencegahan diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Bulok Sukamara Kabupaten Tanggamus Tahun 2013 dengan P value = 0,00 dan OR 3,02 .

Judul : Hubungan Pengetahuan Dan Pendidikan Orang Tua Dengan Perilaku Pencegahan Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Bulok Sukamara Kabupaten Tanggamus Tahun 2013

Kata Kunci : Pengetahuan , Pendidikan dan Perilaku Pencegahan Diare
Pengarang : Fitriani
Kepustakaan : 20 (2004-2013)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar