Hubungan Ketersediaan Ventilasi Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Balita

STAP BAAK - Menurut UNICEF (2006), pneumonia merupakan penyebab kematian terbesar pada usia anak-anak terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya pneumonia pada balita, salah satunya disebabkan oleh faktor lingkungan.

Dari laporan Puskesmas Bunut diketahui bahwa kelurahan Bunut merupakan kelurahan dengan angka Pneumonia pada balita tergolong tinggi yaitu sebesar 28 (62,2%) kasus.

Tujuan dalam penelitian ini adalah diketahui hubungan faktor lingkungan rumah dengan terjadinya Pneumonia di Desa Bunut wilayah kerja Puskesmas Bunut Kabupaten Pesawaran tahun 2013.

Jenis penelitan ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Desa Bunut wilayah kerja Puskesmas Bunut Kabupaten Pesawaran bulan Agustus tahun 2013.

Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang memiliki balita di desa Bunut Kabupaten Pesawaran pada bulan juli tahun 2013 yang berjumlah 115 balita yang kemudian diambil sampel secara acak sebesar 54 orang.

Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang berisi tentang faktor lingkungan yang meliputi ventilasi, kebiasaan merokok dan Pengunaan Bahan Bakar memasak.

Sedangkan untuk variabel terjadinya Pneumonia menggunakan lembar observasi yang didapat dari hasil manifestasi klinis Pneumonia. Analisa data bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian diperoleh Balita yang terkena pneumonia sebesar 17 (31,5%), ventilasi tidak memenuhi syarat sebesar 36 (66,7%), kebiasaan merokok didalam rumah sebesar 33 (61,1%), dan yang menggunakan bahan bakar memasak tinggi polusi sebesar 19 (35,2%).

Hasil uji statistik chi square didapatkan hasil ada hubungan ketersediaan ventilasi yang memenuhi syarat dengan terjadinya Pneumonia P value = 0,049, OR = 5,714, ada hubungan kebiasaan merokok didalam rumah dengan terjadinya Pneumonia P value = 0,013, OR = 7,917, hubungan pengunaan bahan bakar untuk memasak dengan terjadinya Pneumonia P value = 0,000, OR = 16,792,

Judul : Hubungan Ketersediaan Ventilasi Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Desa Bunut Wilayah Kerja Puskesmas Bunut Kabupaten Pesawaran Tahun 2013

Kata Kunci : Faktor lingkungan Rumah, Kejadian pneumonia pada balita
Pengarang : Estu Prayudi
Kepustakaan : 23 (2002-2012)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar