Hubungan House Index dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue

Hubungan House Index dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue di Puskesmas Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 2013

Dengue fever atau demam berdarah dengue adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang ditandai oleh demam mendadak selama 2-7 hari tanpa penyebab yang jelas, lemah, lesu, gelisa, sakit kepala, nyeri ulu hati disertai pendarahan dikulit berupa bintik perdarahan 9 petekie ), lebam ( ekimosis ), atau ruam ( purpura ), berak darah, kesadaran menurun, renjatan ( Depkes RI, 2006 )

Kasus DBD di Puskesmas Gadingrejo dari tahun 2011 hingga April 2013 juga tercatat mengalami fluktuasi. Tahun 2011 terdapat 20 kasus, meningkat pada tahun 2012 menjadi 23 kasus, dan hingga akhir April 2013 terdapat 38 kasus (Puskesmas Gadingrejo, 2013).

Jenis penelitian ini adalah studi korelasi, dengan pendekatan Cross Sectional bertujuan untuk melihat hubungan antara House Index dengan kejadian DBD.

Hasil penelitian House Index positif sebanyak 58 responden ( 59,2 % ) dan HI negatif sebanyak 40 responden ( 40,8 % ).

Kejadian penyakit DBD di Puskesmas Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu adalah 21 Responden (21,4%), sedangkan yang tidak menderita Demam Berdarah Dengue adalah 77 responden (78,6%), diperoleh nilai OR=20,526 artinya ada hubungan yang signifikan antara HI dengan kejadian DBD diPuskesmas Gadingrejo kabupaten Pringsewu tahun 2013 dan secara statistic bermakna (P=0,001).

Untuk mencegah kejadian DBD maka petugas kesehatan untuk meningkatkan penyuluhan untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan penyakit DBD, dengan harapan masyarakat dapat berperan aktif dalam pemberantasan penyakit DBD.

Kata Kunci : House Index, Kejadian DBD
Pengarang : Hestiningsih
Pustaka 13 ( 2002 – 2011 )


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar