Hubungan Faktor Lingkungan dengan Kejadian Diare Pada Balita

STAP BAAK - Penyebab utama kematian akibat diare adalah tata laksana yang tidak tepat baik di rumah maupun di sarana kesehatan. Faktor lingkungan merupakan faktor yang paling dominan untuk berkembangnya virus rotavirus yang merupakan penyebab diare.

Berdasarkan Laporan bulanan (SP2TP) puskesmas Kota Agung tahun 2013, pada bulan januari terdapat 79 kasus diare dengan proporsi 51 dialami oleh balita dan meningkat pada bulan Februari menjadi 89 kasus dengan proporsi 64 kasus dilami oleh balita .

Kasus terbanyak diare terjadi di kelurahan Pasar Madang dengan proporsi 36 kasus 25 kasus diantaranya dialami oleh balita.

Tujuan dalam penelitian ini adalah diketahui hubungan faktor lingkungan dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus tahun 2013.

Jenis penelitan ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitin ini dilakukan di Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus tahun 2013.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua keluarga yang memiliki balita di Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus tahun 2013 berjumlah 230 orang dan diambil sampel secara acak sebesar 70 orang.

Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi lingkungan warga dan juga kejadian diare pada balita. Analisa data bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian diperoleh keluarga yang memiliki balita di Kelurahan Pasar Madang sebagian besar memiliki lingkungan tidak memenuhi syarat, yaitu 42 orang (60%), Balita di Kelurahan Pasar Madang, sebagian besar mengalami diare yaitu 36 orang (51,4%).

Ada hubungan faktor lingkungan dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus tahun 2013. P value = 0,004. OR = 5,000.

Bagi masyarakat Pasar Madang diharapkan dapat membuat tempat sampah umum yang memeuhi syarat, untuk yang belum memiliki WC agar membuat WC dengan cara iuran bergilir untuk mencegah terjadinya diare.

Judul : Hubungan Faktor Lingkungan dengan Kejadian Diare Pada Balita di Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Tahun 2013

Kata Kunci : Faktor Lingkungan, Kejadian Diare Pada Balita
Pengarang : Ayu Wulandari
Kepustakaan : 21 (2006-2013)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar