Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus dalam Menjaga Kadar Gula Darah

STAP BAAK - Jumlah penderita DM dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. pada tahun 2030 mendatang sebanyak 552 juta di dunia orang akan terkena diabetes.

Dalam upaya mencegah timbulnya komplikasi pada klien Diabetes Mellitus perlu adanya pengendalian Diabetes yang baik dengan cara menjaga kadar gula darah mendekati normal atau dalam kisaran normal.

Dukungan keluarga sangat penting untuk memotivasi pasien dalam menjalankan pengobatan ataupun diet. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan pasien diabetes miilitus dalam menjaga kadar gula darah di Rumah Sakit Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung tahun 2013.

Jenis penelitan ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitin ini dilakukan di Rumah Sakit Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung tahun 2013. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penderita DM di RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung yang berjumlah 90 orang dan sampel didapatkan 65 orang sebagai subjek penelitian.

Alat pengumpul data dengan menggunakan lembar kuesioner tentang dukungan keluarga dan kepatuhan menjaga kadar gula darah. Analisa data bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian diperoleh Pasien diabetes mellitus di Rumah Sakit Dr. A. Dadi Tjokrodipo sebagian besar mendapatkan dukungan keluarga yang baik dalam menjaga kadar gula darah yaitu 40 orang (61,5%) dan sebagian besar patuh dalam menjaga kadar gula darah yaitu 46 orang (70,8%).

Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pasien diabetes mellitus dalam menjaga kadar gula darah di Rumah Sakit Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung tahun 2013. Dengan P value = 0,001 OR = 8,909. Diaharapkan bagi keluarga untuk selalu mengingatkan dengan rutin pada pasien DM untuk mematuhi diet gula darah.

Judul : Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus dalam Menjaga Kadar Gula Darah di RSUD dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung tahun 2013

Kata Kunci : Dukungan Keluarga,Kepatuhan Pasien DM Menjaga Kadar Gula Darah.
Pengarang : Een Setiawan
Kepustakaan : 27 (2003-2013)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar