Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Rawat Inap Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Tahun 2013

Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Rawat Inap Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Tahun 2013

Data WHO Global Report yang dicantumkan pada Laporan Triwulan Sub Direktorat Penyakit TB dari Direktorat Jenderal P2&PL tahun 2011 mencapai 244 kasus/100.000 penduduk/tahun (0,244%).

Sedangkan di Kabupaten Pesawaran prevalensi TBC per 100.000 penduduk pada tahun 2011 mencapai 67,46% dengan angka penemuan kasus sebanyak 240 kasus TBC. Salah satu komponen DOTS adalah pengobatan OAT jangka pendek selama enam bulan dengan waktu yang teratur, yang dilakukan dengan panduan dan pengawasan langsung.

Pengawasan langsung dilakukan oleh pengawas menelan obat (PMO) yang dalam ini adalah orang yang tinggal didekat penderita dan dihormati seperti keluarga

Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pasien TBC. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional.

Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cara consecutive/purposive yaitu dimana semua populasi dijadikan responden penelitian (total populasi) dengan jumlah 30 responden. Dukungan keluarga dan kepatuhan pasien TBC diukur dengan menggunakan kuesioner yang masing-masing terdiri dari 12 dan 8 pertanyaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien TBC memiliki memiliki dukungan keluarga yang baik yaitu sebanyak 25 responden (83,3 %) dan pasien TBC di Puskesmas Rawat Inap Padang Cermin termasuk dalam kategori patuh yaitu sebanyak 26 responden (86,7 %).

Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pasien TBC di Puskesmas Rawat Inap Padang Cermin (p=0,008,OR=36,00; CI 95% =2,459-527,058).

Bagi keluarga pasien diharapkan dapat memberikan dukungan kepada pasien yang menjalani pengobatan Tuberkulosis dengan selalu mengingatkan pasien untuk rutin meminum obat dan menemani pasien dalam pengambilan obat di fasilitas kesehatan.

Kata kunci : Dukungan keluarga, kepatuhan pasien, TBC
Pengarang : VERAWATI ARIFIN
Kepustakaan : 25 (1994-2012)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar