Hubungan Antara Pendampingan Suami pada Saat Persalinan dengan Kelancaran Proses Persalinan Kala I pada Ibu Primigravida

Persalinan merupakan tugas berat yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil. Kelancaran proses persalinan akan mempengaruhi angka kematian ibu dan bayi.

Berdasarkan data Ruang Kebidanan RSUD Kalianda jumlah ibu bersalin yang mengalami ketidaklancaran pada saat persalinan kala I di RSUD Kalianda sebanyak 42 orang (24,0%) yaitu primigravida.

Adapun jumlah ibu bersalin yang lamanya pembukaan pada kala I (lebih dari 12 jam) terdapat 17 ibu bersalin dengan jumlah suami yang mendampingi terdapat 7 (41,17%) orang, lebih lanjut ditemukan bahwa terdapat 5 (29,4 %) suami yang mendampingi selama kala satu berlangsung yaitu 12 jam.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendampingan suami pada saat persalinan dengan kelancaran proses persalinan kala I pada ibu Primigravida di Ruang Kebidanan RSUD Kalianda kabupaten Lampung Selatan tahun 2013.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Ruang Kebidanan RSUD Kalianda tahun 2013.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu primigravida yang melakukan proses persalinan di RSUD Kalianda kabupaten Lampung Selatan bulan Januari – November tahun 2013 yang berjumlah 337 persalinan dengan sampel 56 responden.

Penelitian ini menggunakan uji statistik menggunakan analisis bivariat chi square dengan nilai α = 0,05.

Hasil penelitian menemukan bahwa ibu bersalin yang tidak mendapatkan pendampingan suami yaitu 29 (51.8%) dan lama proses persalinan baik lancar maupun tidak lancar berimbang yaitu 28 (50,0%) responden.

Hasil penelitian dapat menyimpulkan ada hubungan antara pendampingan suami pada saat persalinan dengan kelancaran proses persalinan kala I pada ibu primigravida di ruang kebidanan RSUD Kalianda kabupaten Lampung Selatan tahun 2013 dengan P value 0,032 dan OR 320. Disarankan konseling untuk pendampingan suami bagi ibu yang bersalin.

Judul : Hubungan Antara Pendampingan Suami pada Saat Persalinan dengan Kelancaran Proses Persalinan Kala I pada Ibu Primigravida di Ruang Kebidanan RSUD Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2013

Kata Kunci : Pendampingan suami, Kelancaran proses persalinan
Pengarang : Indirawati
Kepustakaan : 31 (2000-2013)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar