Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia pada Balita

Pneumonia merupakan salah satu penyakit infeksi pada anak yang sangat serius dan merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang paling banyak menyebabkan kematian pada Balita.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu menunjukkan angka perkiraan kasus pneumonia pada balita tahun 2010 di Kabupaten Pringsewu mencapai angka 3.411 kasus atau sekitar 10% dari jumlah balita.

Adapun faktor-faktor risiko yang dicurigai mempengaruhi timbulnya Pneumonia antara lain adalah pemberian ASI eksklusif, umur, status gizi, status imunisasi, riwayat kelahiran BBLR, faktor lingkungan, kebiasaan merokok dalam keluarga, bahan bakar memasak, pendidikan dan pengetahuan ibu

Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian pneumonia pada balita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional.

Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cara purposive sampling yaitu berjumlah 168 responden. Faktor faktor yang berhubungan dengan pneumonia diukur dengan menggunakan kuesioner yang berkaitan dengan karakteristik balita.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 150 balita (89,3%) tidak menderita pneumonia, lingkungan rumah balita termasuk dalam kategori sehat yaitu sebanyak 147 (87,5 %), status gizi balita dalam kategori normal yaitu sebanyak 139 dengan persentase 82,7 % dan sebagian besar diberikan ASI eksklusif yaitu sebanyak 112 (66,7 %).

Hasil analisa bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara lingkungan rumah, status gizi dan riwayat pemberian ASI dengan kejadian pneumonia di Puskesmas Pringsewu (p value =0,014; 0,025; 0,017 dan nilai OR=4,5; 0,270; 0,273).

Bagi tenaga kesehatan diharapkan agar dapat memberikan pendidikan kesehatan mengenai pentingnya pemberian ASI eksklusif, status gizi dan kondisi rumah sehat bagi balita kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat yang mempunyai balita.

Judul : Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Puskesmas Pringsewu Tahun 2013

Kata kunci : Pneumonia
Pengarang : Joni Eltoda
Kepustakaan : 27 (2003-2013)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar