Faktor Faktor Lingkungan Fisik yang Mempengaruhi Kejadian Pneumonia pada Balita

STAP BAAK - Menurut WHO (2006), pneumonia merupakan penyebab utama kematian pada anak usia di bawah 5 tahun (balita), yaitu sekitar 19% atau sekitar 1,8 juta balita tiap tahunnya meninggal karena pneumonia.

Lingkungan yang berpengaruh dalam proses terjadinya Pneumonia adalah lingkungan perumahan, di mana kualitas rumah berdampak terhadap kesehatan anggotanya. Kualitas rumah dapat dilihat dari jenis atap, jenis lantai, jenis dinding, kepadatan hunian dan jenis bahan bakar masak yang dipakai serta prilaku merokok didaam runah (Candra, 2007).

Tujuan dalam penelitian ini adalah diketahui faktor-faktor lingkungan fisik yang mempengaruhi Peneumonia di wilayah kerja Puskesmas Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara tahun 2013.

Jenis penelitan ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kasus-kontrol atau case-control study. Penelitin ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara pada bulan Juli-Agustus 2013.

Populasi dalam penelitian ini adalah adalah 16 balita yang terkena penemonia sebgai populasi kasus dan 16 balita yang tidak terkena peneumonia sebagai populasi control.

Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar observasi yang berisi tentang faktor lingkungan yang meliputi Kondisi Lantai, kondisi dinding dan luas ventilasi dan kejadian pneumonia pada balita. Analisa data bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian diperoleh Ada hubungan jenis lantai rumah dengan terjadinya Peneumonia p value = 0,031, Tidak ada hubungan kondisi dinding rumah dengan terjadinya Peneumonia p value = 1,000, Ada hubungan luas ventilasi dengan terjadinya Peneumonia p value = 0,034,

Tidak ada hubungan kepadatan hunian dengan terjadinya Peneumonia p value = 0,075, Ada hubungan kebiasaan merokok didalam rumah dengan terjadinya Peneumonia p value = 0,031.

Diharapkan bagi masyarakat diwilayah kerja puskesmas Kota Bumi agar menciptakan kondisi lingkungan fisik yang sehat untuk menghindari kejadian pneumonia padabalita.

Judul : Faktor Faktor Lingkungan Fisik yang Mempengaruhi Kejadian Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara Tahun 2013

Kata Kunci : Lingkungan Fisik, Kejadian Pneumonia pada balita
Pengarang : Evi Tamala
Kepustakaan : 25 (2002-2013)


Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar