Jenis, Syarat Pengambilan dan Bobot Tugas Akhir Mahasiswa

STAP BAAK - STIKes Aisyah Pringsewu mewajibkan mahasiswa program sarjana dan program diploma untuk menulis tugas akhir sebagai salah satu syarat penyelesaian studi.

Hal ini didasari pemikiran bahwa membuat karya ilmiah adalah suatu pembelajaran menyelesaikan suatu fenomena dilapangan, yang dimulai dengan usulan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan pembahasan hasil yang diperoleh.

Ada tiga poin yang perlu kita ketahui mengenai Tugas Akhir bagi Mahasiswa

1. Jenis Tugas Akhir Mahasiswa

STIKes Aisyah Pringsewu saat ini memiliki 4 Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan, Program Studi Profesi Ners, Program Studi Diploma 4 Bidan Pendidik dan Program Studi Ilmu Gizi.

Pada Program Studi Profesi Ners tidak dibebankan untuk membuat laporan tugas akhir, mahasiswa hanya dibebankan untuk membuat laporan dari masing masing stase yang dilalui selama program profesi berlangsung.

Adapun untuk program studi Ilmu Keperawatan, Program Studi Diploma 4 Bidan Pendidik dan Program Studi Ilmu Gizi jenis tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa adalah karya tulis ilmiah atau skripsi.

Skripsi yang dibuat oleh mahasiswa menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam segi metodologi penelitian maupun substansi ilmu kajian, baik ilmu keperawatan, ilmu kebidanan maupun ilmu gizi, dalam memahami suatu fenomena atau dalam upaya mengatasi suatu masalah kesehatan pada umumnya.

2. Syarat Pengambilan Tugas Akhir Mahasiswa

Ada dua Syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa sebelum menyusun tugas akhir, yaitu mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik dan Persyaratan Administratif.

A. Persyaratan Akademik
  1. Bagi Mahasiswa reguler sekurang kurangnya telah memiliki tabungan kredit (huruf D ke atas) sebesar 80% dari beban studi kumulatif yang harus ditempuh. Catatan : Nilai D tidak boleh lebih dari 6 SKS.
  2. Bagi Mahasiswa transfer telah menyelesaikan semester 1 dan telah menempuh sebanyak minimal 20 SKS.
  3. Mahasiswa telah menyelesaikan semua mata kuliah prasyarat sebagai mana ditentukan oleh masing masing program studi.
  4. Telah lulus mata kuliah metodologi riset dengan nilai minimum C.
  5. IPK minimal 2,50 dan tidak ada nilai E.

B. Persyaratan Administratif
  1. Mahasiswa telah memenuhi persyaratan akademik seperti pada point A
  2. Mahasiswa memiliki kartu mahasiswa yang berlaku pada semester bersangkutan
  3. Mahasiswa memiliki KRS semester bersangkutan yang mencantumkan memprogramkan skripsi dan telah ditandatangani oleh dosen wali.

3. Bobot Tugas Akhir

Mata kuliah Tugas Akhir baik Skripsi maupun karya tulis ilmiah memiliki bobot 4 SKS, sedangkan pada program studi Diploma IV Bidan Pendidik memiliki bobot 6 SKS (Proposal 2 SKS dan Skripsi 4 SKS).

Itulah Jenis, Syarat Pengambilan dan Bobot Tugas Akhir bagi mahasiswa, dan apabila mahasiswa telah memenuhi kriteria yang sudah di jelaskan maka mahasiswa tersebut sudah berhak untuk mengambil Skripsi atau Tugas Akhir. Selain itu mahasiswa juga harus mengetahui tentang Pembimbing dan Mekanisme Bimbingan.

Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar