Etika menghubungi Dosen Melalui SMS, Whatsapp, BBM dan Lainnya


stap baak - Assalamualaikum, di sela sela kesibukan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Dosen kepada mahasiswa tentu sangatlah melelahkan bagi seorang mahasiswa. Apalagi jika mahasiswa harus mengkonfirmasi kepada Dosen Mata Kuliah, terkadang kita sebagai mahasiswa kebablasan pada saat menghubungi Dosen melalui SMS, Whatsapp, BBM dan Lainnya.

Kita sebagai mahasiswa sudah terbiasa menggunakan alat komunikasi yang canggih sehingga memudahkan bagi mahasiswa dalam menjalin komunikasi, baik itu dengan orang tua, Dosen, teman sesama Mahasiswa apalagi dengan si doi,, ehm ehm...

Nah pernahkan kita melakukan kesalahan atau menyadari akan kesalahan kita dalam berkomunikasi dengan Dosen..?? hayooo ngaku.. pasti pernah, apalagi berbarengan chat nya dengan teman teman sehinga bahasa dan cara kita chat dengan dosen hampir bisa dikatakan sama dengan chat pada teman, terutama dalam bahasa yang digunakan.

Untuk menghindari kejadian atau kesalahan yang berulang ulang, maka ada baiknya kita sepakati untuk menerapkan Etika menghubungi Dosen melalui SMS, Whatsapp, BBM dan Lainnya seperti berikut ini

Pertama
Perhatikan waktu yang tepat, untuk menghubungi dosen. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah.
Contoh :
Hindari menghubungi dosen diatas pukul 20.00 WIB atau pada waktu sholat
Kedua
Awali dengan mengucapkan salam, Mengucapkan salam juga haruslah dengan menuliskannya dengan lengkap dan benar, karena apabila disingkat maka artinya akan berbeda
Contoh :
Assalamualaikum
Ketiga
Ucapkan kata maaf untuk menunjukkan sopan santun dan kerendahan hati anda.
Contoh :
Mohon maaf menggangu waktu bapak/ibu
Keempat
Pastikan anda menyampaikan identitas anda disetiap komuniksi atau percakapan, karena setiap dosen pasti menghadapi banyak mahasiswa setiap harinya dan juga tidak menyimpan setiap kontak mahasiswanya.
Contoh :
Nama saya Akang Putra, mahasiswa keperawatan angkatan 2017, semester ini mengambil mata kuliah KMB I di Kelas Bapak/Ibu
Kelima
Guanakan bahasa yang umum dimengerti, tanda baca yang baik dan dalam konteks FORMAL.
Contoh :
hindari menyingkat kata seperti dmn, yg, ak, kpn, otw, sy. dan hindari kata panggilan non-formal seperti aku, ok, iye dll.
Keenam
Tulislah pesan dengan singkat dan jelas
Contoh :
Saya memerlukan tanda tangan Bapak/Ibu di lembar pengesahan saya. Kapan Kiranya saya dapat menemui Bapak/Ibu?
Ketujuh
Akhiri pesan dengan mengucapkan terima kasih dan salam sebagai penutup

Berikut ini Contoh Penulisannya
Assalamu'alaikum wr. wb. selamat pagi bapak, mohon maaf menggangu waktu bapak. Saya Akang Putra, mahasiswa keperawatan angkatan 2017 yang saat ini sedang menjalani praktik profesi di RSAM Ruang Mawar dan Bapak sebagai pembimbingnya. Saat ini saya memerlukan tanda tangan Bapak pada lembar pengesahan saya. Kapan kiranya saya bisa menemui bapak? Terima Kasih Sebelumnya. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Semoga setelah memahami apa yang telah disampaikan mengenai etika dalam menghubungi dosen tadi, kita sebagai mahasiswa mampu merubah kebiasaan yang memang sudah sering dilakukan. baiklah semoga kita menjadi mahasiswa yang beretika baik.

Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar