Taklim Senin Pagi ; Persiapan Fikih dalam menyambut Ramadhan oleh ustadz M.Masrur

stapbaak - Penting kita mengetahui fikih ramadhan sebelum datang nya ramadhan dengan harapan kita mampu menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan menjadi lebih baik dari ramadhan tahun lalu. 


Dalam taklim ini juga di jelaskan tentang Tata cara puasa ramadhan 

Menentukan awal dan akhir ramadhan, dalam menentukan ramadhan ini sering kali di lakukan dengan dua cara yaitu dengan cara ru'yah dan dengan cara hisab.
Ru'yah yaitu melihat dengan mata kepala atau menggunakan alat tertentu terhadap wujud nya hilal (bulan sabit), hisab yaitu menghitung posisi hilal dengan bantuan ilmu falak / hisab/astronomi. (QS. Yunus/10:5)

Niat pada malam harinya, dengan adanya niat ini dapat membedakan antara ibadah wajib dengan ibadah sunah, dalam hal ini apabila kita hendak melakukan puasa wajib haruslah di lakukan niat pada malam harinya sebelum melaksanakan puasa. 

Makan sahur, kerana dengan makan sahur ini adalah berkah, dan bahwa kebiasaan orang orang yang beriman dalam melaksanakan sahur melakukan istigfar memohon ampun kepada allah. 

Ustadz M.Masrur juga mengajak kepada seluruh peserta Taklim untuk dapat mempersiapkan diri juga memperbaiki niat, mental dan fisik serta keimanan dalam melaksanakan puasa di bulan ramadhan.



Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar