Bulan Agustus Tahun ini Bakal Ada Gerhana Matahari

STAPBAAK - Berdasarkan informasi yang di muat pada laman elshinta.com pada 29 mei lalu, bahwa Pada 21 Agustus mendatang, gerhana matahari total akan terlihat jelas di Amerika Serikat (AS), tepatnya di pantai South Carolina sampai Oregon.

Oleh sebab itu, di negara AS tersebut akan menggelar acara dengan nama Great American Eclipse, Selain itu banyak juga warga di sekitar pantai South Carolina yang mempersiapkannya dan juga para wisatawan telah membuat rencana perjalanan mereka untuk bisa mendapatkan pandangan terbaik tentang fenomena astronomi tersebut.

Solar Dynamic Observatory (SDO) NASA, yang bertugas memantau Matahari setiap hari, melihat Bulan saat melintas di depan bintang induk pada 25 Mei.

Observatorium, yang dikenal sebagai SDO, tersebut saat ini berada di atas 22.000 mil di atas Bumi dalam orbit yang berada di atas Meksiko.

Tidak seperti gerhana yang akan dilihat pada Agustus nanti di AS, gerhana yang dilihat SDO hanya sebagian saja, sekitar 89 persen Matahari yang sepenuhnya tertutup pada satu waktu.

Namun, karena pekerjaan sebenarnya observatorium adalah memotret Matahari, NASA bisa menggabungkan foto-foto transit Bulan menjadi GIF.

SDO juga akan mendapatkan tampilan gerhana pada bulan Agustus, setelah gerhana total meninggalkan Amerika Serikat.

Sebagai warga negara Indonesia yang tentu saja tidak dapat melihat gerhana di bulan agustus mendatang, silahkan mencari informasi dan menunggu penampakan gerhana matahari melalui Internet.

Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar