Cara Cek Keaslian ijazah secara Elektronik

STAP BAAK - Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Serius memberlakukan penomoran verifikasi ijazah yang dapat di akses secara elektronik, hal tersebut bertujuan sebagai upaya menangkal ijazah palsu dengan memberlakukan penomoran ijazah nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL).

Program SIVIL ini merupakan sistem verifikasi ijazah online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), Tujuannya agar keabsahan seorang lulusan akan terverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan sebagai upaya pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

Manfaat dari mengakses layanan ini secara langsung adalah masyarakat dapat menggunakan layanan ini untuk mengecek ijazah melalui salinan ijazah dengan cara memasukkan nomor ijazah yang terdapat pada ijazah.

Berikut ini merupakan cara mudah untuk mengecek keabsahan ijazah dengan cepat, tepat, dan akurat secara online.

Cara Mengecek Keaslian Ijazah Melalui SIVIL


  1. Silahkan Kunjungi Laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/
  2. Cari Perguruan Tinggi tempat Anda kuliah dengan cara menuliskan Kata Kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya
  3. Tuliskan nomor Seri Ijazah atau PIN (Penomoran Ijazah Nasional).
  4. Kemudian ketikkan pengaman dengan menjawab pertanyaan yang ditampilkan.

Apabila nomor Seri ijazah Anda terdaftar dipangkalan dikti maka akan keluar data diri Anda, Lihat Tampilan gambar berikut ini



Nah Apabila Nomor Seri Ijazah tidak terdaftar maka akan keluar informasi "Data tidak ditemukan di pangkalan dikti, silahkan menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan". Layanan ini tidak menampilkan detail ijazah dengan alasan kerahasiaan.

Sampai disini anda sudah berhasil mengetahui apakah Ijazah yang anda pegang benar benar terdaftar di DIKTI atau tidak. Jika cara cek keaslian ijazah secara elektronik ini bermanfaat silahkan share ke teman anda. Siapa tahu teman anda sangat membutuhkan.

Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar