Contoh Soal Kasus Kebidanan Bagian 5

Kasus : Seorang wanita usia 24 tahun baru saja melahirkan anak pertamanya 6 minggu yang lalu. Datang ke klinik untuk menggunakan alat kontrasepsi. Kemudian bidan melakukan pemeriksaan dan memberikan konseling kepada wanita tersebut kontrasepsi apa yang cocok. Kontrasepsi yang diinginkan oleh ibu yang tidak mengandung hormon dan tidak mengganggu produksi ASI, tidak perlu dilakukan setiap hari

41. Sesuai dengan kasus di atas alat kontrasepsi apakah yang dianjurkan?
a. Kontrasepsi suntikan progestin
b. Kontrasepsi suntikan
c. Pil Kombinasi
d. Mini pil
e. AKDR

Kasus : Seorang bidan W menjelaskan isi kandungan dari kontrasepsi hormonal yaitu pil yang tersedia dalam kemasan 21 tablet mengandung hormone aktif estrogen/ progestin dalam tiga dosis yang berbeda dengan tablet tanpa hormone aktif,  terhadap seorang perempuan I P3A0 6 minggu post partum.

42. Apakah jenis kandungan kontrasepsi yang dimaksud diatas ?
a. Bifasik
b. Trifasik
c. Monofasik
d. Depo noretisteron enantat
e. Depo mendroksi progesterone

Kasus : Seorang bidan P menjelaskan terhadap seorang perempuan I P3A0 6 minggu post partum tentang isi kandungan dari kontrasepsi hormonal yaitu mengandung 200 mg noretindon yang diberikan setiap dua bulan dengan cara disuntik intramuscular.

43. Apakah jenis kandungan kontrasepsi yang dimaksud diatas ?
a. Bifasik
b. Trifasik
c. Monofasik
d. Depo noretisteron enantat
e. Depo mendroksi progesterone

Kasus : Seorang bidan Y menjelaskan terhadap seorang perempuan W P4A0 6 minggu post partum tentang isi kandungan dari kontrasepsi hormonal yaitu terdiri atas satu batang putih lentur dengan panjang kira-kira 40mm Dan diameter 2 mm yang diisi dengan 68 mg 3-keto-desogestrel Dan lama kerjanya tiga tahun.

44. Apakah  jenis  kandungan kontrasepsi yang dimaksud diatas ?
a. Bifasik
b. Trifasik
c. Norplant
d. Implanon
e. Monofasik

Kasus : Seorang perempuan G P2Ao datang ketempat bidan K mengeluhkan mual Dan pusing serta keluar darah menstruasi hanya spotting setelah menggunakan KB hormonal.

45. Apakah KB hormonal yang digunakan perempuan tersebut ?
a. Implan
b. Pil 1 bulan
c. Pil 3 bulan
d. Suntik 3 bulan
e. Suntik 1 bulan

Kasus : Seorang bidan  Q menjelaskan keterbatasan Kb hormonal terhadap perempuan T P4A0, yaitu nyeri payudara, nyeri kepala, tidak memberikan efek protektif terhadap IMS, Dan dapat mengakibatkan terjadinya kehamilan ektopik.

46. Apakah jenis Kb yang dimaksud diatas ?
a. Implan
b. Pil 1 bulan
c. Pil 3 bulan
d. Suntik 3 bulan
e. Suntik 1 bulan

Kasus : Seorang perempuan umur 25 tahun aseptor KB suntik sejak 2 tahun yang lalu, dan ingin mengganti kontrasepsi lain karena dia mengeluh berat badan meningkat, wajah banyak berjerawat, kadang-kadang tersa mual, dan ibu mengalami spotting, saat dilakukan pemeriksaan pada serviks terdapat luka,  Ny. M sudah memunyai 2 anak dan ingin hamil lagi dalam waktu panjang.

47. Metode kontrasepsi apa yang sesuai kasus diatas?
a. Oral Kontrasepsi b. Tubektomi
c. Vasektomi
d. Implan
e. AKDR

Kasus : Seorang perempuan umur 35 tahun datang keklinik anda untuk konsultasi masalah alat kontrasepsi yang baik untuknya, ia mengatakan mempunyai 6 orang anak, dan sudah berkali-kali memakai alat kontrasepsi tetapi selalu timbul efek samping yang menggangggunya, ibu mengatakan suaminya menuntut agar tidak boleh hamil lagi, dan suaminya pun tidak mau jika harus dia yang ber KB

48. Sebagai bidan KB apa yang anda sarankan sesuai kasus di atas?
a. AKDR
b. Implan
c. Vasektomi
d. Tubektomi
e. Oral Kontrasepsi

Kasus : Seorang perempuan umur 40 th datang ke BPS anda bersama suaminya  umur 45 th untuk memakai alat kontrasepsi. mengatakan sudah mempunyai 7  orang anak dan sudah tidak ingin mempunyai anak lagi. Saat di lakukan wawancara Ny. S bersikeras tidk ingin memakin alat kontrasepsi, dia menuntut suaminya untuk memakai alat kontrasespi. Tn M menyetujui untuk memakia lat kontraseps tapi dia bingung alat kontrasepsi apa yang cocok karena dia pernah memakia kondom dan ternyata tidak berhasil.

49. Sebagai bidan alat kontrasepsi apa yang anda sarankan untuk dipaki Tn. M
a. AKDR
b. Implan
c. Vasektomi
d. Tubektomi
e. Oral Kontrasepsi

Kasus : Seorang perempuan umur 20 tahun datang ke bidan siti mengeluh terjadi perubahan pola haidnya seperti bercak bercak pada saat haid sudah 1 minggu ini, dan kadang ibu terjadi hiperamenore, ibu merasa cemas terhadap keluhan yang dirasakannya

50. berdasarkan kasus diatas efek samping yang dialami ibu merupakan akibat pemasangan alkon?
a. Pil
b. AKDR
c. Suntik
d. Implant
e. Kondom

Lanjutkan Membaca Contoh Soal Kasus Kebidanan Bagian 6 atau  anda ingin mengulang lagi ke Contoh Soal Kasus Kebidanan Bagian 4

Semoga Soal soal kasus kebidanan yang disajikan oleh stap baak blog ini bisa berguna bagi anda yang memang bener bener membutuhkan, selamat belajar semoga bermanfaat

Reactions:

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar